10 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes


Apa yang Anda pikirkan ketika seseorang menanyakan tentang kekayaan kepada Anda? Umumnya ketika ada seseorang yang bertanya tentang kekayaan atau ukuran kekayaan, yang akan terlintas adalah banyak uang, rumah mewah, pekerjaan yang bagus, harta yang banyak, usaha di mana-mana dan lain-lain yang menggambarkan tentang kekayaan seseorang. Lalu apakah itu yang yang menjadi ukuran kekayaan seseorang? Bisa jadi iya. Namun ada pula yang berpandangan berbeda soal makna kekayaan. Tapi bukan itu yang akan kita bahas kali.

Sebuah majalah bernama Forbes baru-baru ini merilis beberapa nama orang terkaya di Indonesia. Majalah tersebut merilis sekitar 50 orang terkaya di Indonesia. Dari daftar tersebut diketahui bahwa keluarga Hartono, pemilik Grup Djarum masih dapat mempertahankan posisinya yang berada di urutan paling pertama.

Tahun ini, kekayaan yang dimiliki oleh Budi dan Michael Hartono naik hingga mencapai lebih lebih dari 1 miliar dollar AS (Amerika Serikat). Peningkatan ini disebabkan oleh harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang melesat lebih dari 50 persen dibanding tahun lalu. Kemudian, di posisi kedua ada Susilo Wonowidjojo, pendiri PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dengan total kekayaan sekitar 8 miliar dollar AS.

Angka kekayaan Susilo naik sebesar 2,7 miliar dollar AS. Hal tersebut diakibatkan oleh harga saham GGRM yang dimiliki terus naik hingga hampir 60 persen dibanding tahun lalu. Posisi bos rokok ini naik dari dari yang sebelumnya berada di posisi keempat pada tahun lalu, ke posisi kedua pada tahun ini.

Hampir sama seperti posisi pertama, peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia masih ditempati oleh  Anthoni Salim yang mengelola Salim Group. Forbes menaksir kekayaan Anthoni Salim tahun ini menurun sekitar 400 juta dollar AS sehingga total kekayaannya sekitar 5,9 miliar dollar AS. Salim Group memiliki berbagai bisnis di industri makanan, telekomunikasi, retail, properti, dan perbankan.

Secara keseluruhan, kekayaan total kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia yang yang dirilis oleh Forbes tersebut mencapai angka 102 miliar dollar AS. Angka tersebut meningkat dari angka yang tercatat pada tahun lalu yang hanya sebesar 95 miliar dollar AS. Nilai aset bersih minimum untuk bisa masuk dalam daftar Forbes tahun ini juga sudah naik menjadi 500 juta dollar AS dari posisi tahun lalu yang hanya sebesar 390 juta dollar AS.
Berikut adalah daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes:

1) Budi & Michael Hartono, 16,5 miliar dollar AS
2) Susilo Wonowidjojo, 8 miliar dollar AS
3) Anthoni Salim, 5,9 miliar dollar AS
4) Eka Tjipta Widjaja, 5,8 miliar dollar AS
5) Sri Prakash Lohia, 4,4 miliar dollar AS
6) Chairul Tanjung, 4,3 miliar dollar AS
7) Boenjamin Setiawan, 3,5 miliar dollar AS
8) Mochtar Riady, 2,7 miliar dollar AS
9) Peter Sondakh, 2,3 miliar dollar AS
10) Sukanto Tanoto, 2,11 miliar dollar AS

Dengan dirilisnya 50 nama orang terkaya di Indonesia oelh Forbes yang kemudian kita perkecil menjadi 10 ini, akankah perekonomian di Indonesia akan semakin membaik? Kita semua tentunya berharap yang terbaik untuk negeri kita yang tercinta ini. Semoga saja dengan adanya orang-orang besar di Indonesia, dapat membuat Indonesia menjadi semakin baik. Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang terus mengembangngkan diri, tentunya juga akan membuka peluang besar bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan.

Related Posts: