Wow Gak Ribet! Begini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word, Pelajar Wajib Coba

Saya yakin setiap pelajar pernah mengalami kesulitan ketika membuat peran sekolah yang menyangkut makalah, skripsi maupun yang lainnya yang mengharuskan kita membuat daftar isi. Dan ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat khususnya pelajar, kebanyakan dari kita masih membuatnya secara manual dan tentunya itu sangat ribet dan memakan waktu yang lumayan lama.

Oleh alasannya ialah itu saya membuat artikel ini untuk membantu kalian semoga mampu membuat Daftar Isi secara otomatis di Microsoft Word baik itu Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan yang terbaru yaitu Microsoft Word 2016. Berikut cara membuat daftar isi secara otomatis di microsoft word yang rapi:

Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2016


1. Silahkan buka Microsoft Word pada PC atau laptop kalian.

2. Berikutnya kalian harus mempersiapkan struktur halamannya. Berikut ini tahapannya:

Membuat Style Heading di Word

  • Pertama silahkan kalian blok judul yang akan kalian buat Style Heading-nya. Seperti yang ditunjuk angka satu pada gambar di bawah.
  • Berikutnya pada tab Home, pilih Heading 1 seperti yang ditunjuk angka 2 pada gambar dibawah.
  • Kalian sudah berhasil membuat Style Heading-nya, silahkan lakukan pada judul BAB dan subjudul BAB lainnya. 
Berikut gambarnya:

membuat Style Heading di Word
Untuk pengaturan yang lainnya saya yakin kalian sudah tahu, maka dari itu kita pribadi ke tahapan cara membuat daftar isinya.

Cara Memulai Membuat Daftar Isi

  • Pertama kalian harus memastikan semua halaman sudah diberi nomor halaman dan juga pada setiap BAB sudah kalian atur Style Heading-nya.
  • Kemudian pilih tab References, lihat yang ditunjuk angka 1 pada gambar di bawah.
  • Selanjutnya pilih Table of Contents (yang ditunjuk angka 2), lalu pilih Automatic Table 2 (yang ditunjuk angka 3)
  • Kalian sudah berhasil membuat daftar isinya.
Berikut ini referensi gambarnya:

cara memulai membuat daftar isi

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Heading


3. Jika kalian sudah membuat semua content termasuk pengaturan pada makalah atau skripsi kalian, hal berikutnya yang harus kalian lakukan ialah masuk ke bab daftar isi yang telah kalian buat sebelumnya.

4. Kemudian kalian harus mengarahkan cursor mouse dan klik pada bab area daftar isi, selanjutnya pilih Update Table (yang ditunjuk angka 1 pada gambar).

5. Lalu akan muncul pop up Update Table of Contens, silahkan klik dan pilih Update entire table (yang tunjuk angka 2 pada gambar).

6. Lalu pilih Ok (yang ditunjuk angka 3 pada gambar).
Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word

7. Maka secara otomatis daftar isi telah dibuat, jikalau nanti kalian ingin menambah atau mengurangi halaman pada makalah kalian, cukup mengulang cara dari nomor 3. Selanjutnya daftar isi akan update otomatis nomor halamannya. Sampai dalam tahapan ini kalian sudah BERHASIL membuat daftar isi otomatis di word. cukup praktis kan? 

Oya ada tips embel-embel jikalau kalian ingin menuju ke salah satu halaman, misalnya halaman KATA PENGANTAR. Kalian cukup mengarahkan cursor mouse pada Kata Pengantar pada daftar isi, kemudian tahan CTRL + Klik kiri mouse. Maka kalian akan pribadi menuju ke halaman KATA PENGANTAR. Wih benar-benar praktis!

Semoga tutorial ini mampu membantu kalian dan juga kalian mampu SHARE artikel ini ke teman-teman kalian semoga artikel ini bermanfaat bagi orang banyak. 

Good Luck!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url