Bagaimana Mendapatkan Banyak Pengunjung Tetap ke Blog Kita?

Anda sudah memiliki banyak postingan artikel pada blog, sampai-sampai harus membuat archive untuk menyimpan artikel lama. Atau mungkin Anda sudah bangga dengan bounce rate yang semakin rendah setiap harinya. Mungkin artikel Anda berkualitas dan lengkap dengan gambar-gambar menarik.

Namun apakah semua visitor pada blog Anda adalah orang-orang langganan? maksudnya apakah Anda memiliki orang-orang setia yang hampir setiap hari mengunjungi blog Anda atau minimal beberapa kali seminggu? Kebanyakan blogger mungkin hanya berkonsentrasi untuk mendapatkan visitor baru dengan segala macam trik, dan itu cukup bagus.

Anda juga harus konsentrasi juga untuk mendapatkan pengunjung tetap atau langganan. Pengunjung tetap dibutuhkan karena bisa saja sewaktu-waktu bloga Anda turun peringkat pada mesin pencari sehingga Anda menjadi kesulitan mendapatkan pengunjung baru.

Berikut ini mungkin adalah beberapa cara yang efektif untuk Anda mendapatkan pengunjung tetap ke blog:

1. Perbaharui artikel setiap hari

Dengan memperbaharui atau update artikel setiap hari, menjadi cara yang efektif bagi Anda untuk mendapatkan pengunjung tetap. Mengapa bisa demikian? Biasanya seorang visitor mencari apa yang baru, mereka mungkin menginginkan sesuatu yang berbeda. Ketika mengunjungi sebuah blog, dan beberapa hari kemudian mengunjungi lagi tetap tidak didapati artikel terbaru tentu menjadi hal yang sia-sia bukan? Pengunjung menyukai konten yang selalu fresh pada halaman depan.

Untuk itulah Anda dilarang malas untuk menulis artikel blog karena dengan cara ini Anda akan terus mendapatkan pengunjung langganan. Jika sudah nyaman dengan blog Anda, memungkinkan akan selalu mengunjunginya.

2. Akses cepat

Lagi-lagi tidak bosannya kami mengatakan bahwa akses yang cepat menuju blog Anda adalah kunci mendapatkan visitor banyak dan visitor langganan. Mana mungkin pengunjung akan mengunjungi blog Anda lagi jika di akses cukup lama loadingnya. Sekali lagi Anda tidak perlu mendesain blog dengan variasi macam-macam, tidak perlu adanya animasi bergerak, background berwarna-warni, lagu yang otomatis diputar maupun template yang dianggap berat.  Akses lambat dijamin membuat para visitor kapok dan malas untuk membuka blog Anda lagi.

3. Tempatkan blog pada ranking 10 besar mesin pencari

Berbicara soal ranking mesin pencari, khususnya Google pastinya tidak lepas dengan optimisasi kata kunci (SEO). Cara ini cukup efektif memang karena ternyata ada saja orang yang mengunjungi blog lewat mesin pencari dahulu, ketimbang harus menuliskan URL lengkap pada web browser. Mengenai strategi SEO sudah banyak dibahas pada situs ini. Minimal blog Anda harus berada pada peringkat 10.

4. Membentuk komunitas

Salah satu cara yang dijamin ampuh untuk Anda mendapatkan visitor tetap, yakni membentuk komunitas atau sekedar perkumpulan fans klub blog Anda. Mungkin Anda bisa mencari tahu mana visitor yang berasal dari domisili yang dekat dengan Anda dan mengadakan kopi darat. Pertemuan hangat semacam ini bisa diselingi dengan workshop atau pembelajaran soal tema blog Anda. Semakin banyak member semakin bagus dan merekalah yang akan terus mengunjungi blog Anda.

5. Blog Anda bisa diklik kanan

Blog dapat diklik kanan? Apa maksudnya? tentu saja yang dimaksud adalah blog Anda dapat dicopas. Ya, pengunjung terkadang membutuhkan artikel Anda untuk tujuan tertentu, atau mencopas sebagian kalimat sebagai kutipan untuk akun sosial medianya. Jadi, apakah Anda tidak terlalu pelit untuk memberikan kebebasan visitor mengcopy paste? Blog Anda akan menjadi sumber referensi bagi banyak orang.

Resikonya memang bisa muncul blogger lain yang tertindak nakal kemudian akhirnya akan mengcopy paste banyak artikel Anda. Jika memang ikhlas, tentu tidak terlalu masalah. Namun jika masih belum rela, maka sebaiknya Anda men-disable klik kanan atau memblokir CTRL-C.

6. Blog hiburan dan edukasi lebih potensial

Blog hiburan seperti humor dan edukasi seperti pengetahuan umum menjadi blog yang potensial untuk memiliki visitor tetap. Jadi jika Anda masih bingung ingin membuat blog apa, sebaiknya pilih kedua jenis blog tersebut. Yang pasti kualitas konten yang ditampilkan selalu yang terbaik dan selalu memberikan inovasi baru, maupun informasi yang tepat.
Next Post Previous Post